Pandangan kami Mengenai Etika Profesi Guru

Profesi guru merupakan salah satu profesi yang memegang peranan penting bagi kemajuan suatu bangsa, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. Pembekalan ilmu pengetahuan dan pendidikan bagi seorang anak dimulai sejak usia dini dengan melibatkan orang tua dan guru yang juga berperan sebagai pengganti orang tua di sekolah / lembaga pendidikan tertentu.

Pendidikan juga memberi andil yang berarti dalam proses pembentukan watak dan karakter seseorang. Dengan kualitas yang baik dari seorang guru tentunya diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, berkarakter dan dapat diandalkan dalam segala bidang kehidupan serta mengharumkan nama bangsa.

Di Indonesia khususnya, hal ini telah tertuang pada pembukaan Undang Undang Dasar 1945 yang menyebutkan bahwa tujuan nasional salah satunya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan memiliki bangsa yang cerdas, tentunya pembangunan dapat lebih mudah dilakukan. Untuk itu, selain berperan sebagai seorang pengajar, guru juga dituntut untuk menjadi pendidik bagi murid-muridnya sehingga tidak hanya sisi intelejensi saja yang dikembangkan tetapi juga sisi moral murid tersebut.

Untuk itu diperlukan etika yang mengatur profesi keguruan guna memberi pedoman bagi para guru sekaligus menjadi tolok ukur dan standardisasi kinerja dan kualitas pemegang profesi guru. Karena bagaimanapun juga, untuk mendapat output yang baik tentunya diperlukan input yang baik pula yang dalam hal ini, murid berperan sebagai output dan guru sebagai input.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s