Penanganan Kasus yang Kami Tawarkan

Untuk mengatasi pelanggaran yang marak terjadi ini, diperlukan perhatian penuh dari pemerintah untuk benar-benar berniat memajukan pendidikan melalui peningkatan kualitas instrumen pendidikannya, yang dalam hal ini adalah guru.

Dengan peran serta pemerintah, misalnya dengan program standard kompetensi keguruan, seminar dan pelatihan guna meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab dan idealisme dari profesi guru, dan sebagainya.

Selain daripada itu, otonomi daerah dalam hal pendidikan juga harus diselenggarakan. Karena saat ini, otonomi daerah belum memberi perhatian yang cukup untuk menunjang proses pendidikan beserta instrumen pendidikan yang terkandung di dalamnya. Melalui otonomi daerah ini, diharapkan kinerja dan kualitas guru dapat ditingkatkan. Kemudian, pelanggaran terhadap etika dan hukum dari profesi guru dapat diminimalkan melalui sistem kontroling yang baik dari pemerintah pusat dan daerah sehingga pemerataan pendidikan hingga ke seluruh daerah dapat terwujud.

Selain peran serta dari pemerintah, diperlukan juga perhatian dari lembaga-lembaga terkait lainnya, misalnya PGRI untuk lebih aktif dalam melakukan kegiatan guna menjalankan kode etik profesi guru secara lebih nyata. Misalnya melalui kegiatan praktek pengajaran ke daerah sehingga para guru di daerah dapat melihat contoh nyata dan tauladan yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s